Perwujudan PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP TINDAKAN PUNGUTAN LIAR DALAM PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Pelayanan publik lahir di masyarakat sebagai respons atas kebutuhan, pelayanan publik bagaikan jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kebutuhan dasar mereka. Fenomena pungli dalam penyelenggaraan pelayanan publik pada dasarnya masih jauh dari harapan pemenuhan good governance yang ditandai dengan rendahnya tingkat responsivitas pemerintah kota yang menghasilkan banyak keluhan masyarakat, ketidakpastian prosedur, biaya, dan waktu pelayanan sehingga praktik-praktik ketidakprofesionalan ini menyebabkan praktik pungli yang dilakukan atas dasar suka sama suka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk masalah dan pendapat masyarakat dalam pelayanan publik yang dapat mewujudkan good governance. Penelitian ini merupakan tipe penelitian yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan, yakni penelitian hukum yang menganalisis regulasi yang berlaku serta apa yang terimplementasi dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat berpendapat bahwa untuk mewujudkan good governance pemerintah harus lebih transparan, akuntabel, serta responsif dalam menangani permintaan masyarakat. Hal ini berpotensi memberikan peningkatan pada kepercayaan dan interaksi masyarakat kepada pemerintah untuk menjalankan fungsinya sebagai aparatur negara yang melayani masyarakat. Transparansi dalam hal ini yaitu pemerintah mengambil keputusan dan penggunaan anggaran harus dapat dipertanggungjawabkan.